Senin, 30 Januari 2012

Sejarah Windows


Nama anggota kelompok 4 :
  • Aulia Dwi fitriani
  • Fauziah pravitaluky
  • Ro'ifa darojatin
  • Eka Fitri
  • Wahyu Wibowo

SEJARAH SISTEM OPERASI WINDOWS
            Pada tahun 1970-an. Di tempat kerja, masyarakat masih bergantung pada mesin ketik. Jika mereka ingin menyalin dokumen, mereka mungkin akan menggunakan stensil atau kertas karbon. Beberapa telah mendengar tentang mikrokomputer, tapi dua penggemar komputer muda, Bill Gates dan Paul Allen, melihat bahwa komputasi personal adalah jalan untuk masa depan.
            Hingga saat ini pun banyak terdapat jenis platform atau lebih kita kenal dengan istilah “Sistem Operasi” yang digunakan pada beragam perangkat komputasi maupun komunikasi, mulai system operasi yang dikhususkan untuk perangkat PC seperti Microsoft Windows, Linux, Unix hingga perangkat mobile seperti Windows Mobile, Android dan WebOS. Namun, pernahkah terlintas dibenak kalian bagaimana system-sistem operasi tersebut diberi nama.
            Jangan melupakan sejarah …! Menurut kami sangat pantas untuk saat ini. Untuk tahu nama-nama Sistem Operasi tersebut, kita perlu menoleh ke belakang. Mempelajari sejarah memang menarik, bahkan sekalipun itu hanya sejarah sistem operasi / operating system (OS) suatu komputer. Paling tidak dengan mempelajari sejarah sistem operasi komputer, wawasan kita bertambah luas dan tidak hanya berkutat pada satu sistem operasi saja. Nah. Yang akan kami jelaskan di sini hanya sebatas pada sejarah windows, kami tidak akan membahas linux dan lain-lain, karena itu tugas dari kelompok lain..hehehe....

PENGENALAN WINDOWS

Hampir kebanyakan komputer di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Windows terutamanya komputer peribadi. Microsoft Windows adalah sistem operasi berasaskan Graphic User Interface (GUI). Microsoft diasaskan oleh Bill Gates yang pernah bergelar orang terkaya di dunia. (Terlihat pada gambar Paul Allen sebelah kiri dan Bill Gates)
Microsoft ini menjadi pilihan banyak pengguna. Alasannya adalah faktor kemudahan dalam pengoperasiannya dibandingkan dengan sistem-sistem operasi lainnya meskipun untuk menggunakannya secara illegal kita harus membeli lisensinya.

Berikut ini daftar-daftar awal sejarah OS Windows
Tahun  1985
            Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen. Sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.

Tahun  1987

             

           Pada tanggal 9 Desember 1987 Microsoft melancarkan Windows 2.0, sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar popularitasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Namun Windows ini dianggap menyerupai sistem operasi pada komputer MacIntosh, yaitu menggunakan icon-icon untuk mewakili suatu program atau fail, mendukung penggunaan expanded memory dan tampilan jendela program yang dapat saling tumpang tindih. Perusahaan Apple Computer menyedari kesamaan ini lalu  mengajukan tuntutan ke pengadilan pada tahun 1988 atas tuduhan melanggar kesepakatan perlesenan tahun 1985. Dalam pembelaannya, Microsoft berhujah balas bahwa melalui kesepakatan perlesenan 1985 lalu bererti Apple Computer telah setuju untuk memberikan hak kepada Microsoft untuk menggunakan ciri-ciri yang terdapat pada sistem operasi Apple Lisa tersebut.
            Setelah pertarungan selama 4 tahun, akhirnya Microsoft berjaya meyakinkan pengadilan dan diputuskan menang. Pengadilan menyatakan Microsoft berhak atas 170 hak cipta kecuali 9 hak cipta lainnya. Namun ke-9 hak cipta lainnya tersebut menurut Microsoft tidak perlu dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. Bill Gates bahkan menuntut perusahaan Apple mengambil sejumlah idea-idea tersebut dari sistem operasi berbasiskan GUI yang dikembangkan oleh perusahaan Xerox untuk komputer Xerox Alto dan komputer Star. Nama Microsoft Windows 2.0 kemudian diganti menjadi Windows/286 setelah Microsoft melancarkan Windows/386.

Tahun  1990

             
          Perpisahan dua perusahaan raksasa, IBM dan Microsoft , menyebabkan IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft berkonsentrasi pada Windows. Pada tanggal 22 Mei 1990, diluncurkan lah windows 3.0, yang awalnya dengan nama kod “Chicago”. Ini mengalami perubahan besar-besaran dengan kemampuan mengakses memory diatas 640 Kb (conventional memory) dan user-interface yang lebih canggih. Program manager baru yang lebih cepat dan penggunaan sistem icon. Setahun setelah peluncurannya, windows 3.0 ini berjaya dengan dijual  sebanyak 3 juta salinan. Setelah itu semakin banyak perusahaan pembuat software yang membuat softwarenya bisa dijalankan di program Windows. Kemudahan menulis (Write) dan menggambar (Paintbrush)  juga ditingkatkan kemampuannya.

Tahun  1992

            Pada 6 April 1992, versi windows yang mempunyai beberapa perubahan signifikan dari versi sebelumnya yaitu Windows 3.1 mulai dikenal di pasaran. Sambutan Windows meningkat dalam masa dua bulan saja sudah terjual 3 juta salinan. Perubahan dari Windows 3.0 antara lain :
  • Mendukung jenis huruf True Type
  • Kemampuan multimedia
  • Mendukung Object linking and Embendding (OLE)
  • Kemampuan mengenali diagnostik kerusakan yang lebih baik
  • Kemampuan jaringan

Tahun 1992

     Windows 3.1secara umum, versi ini tidak banyak perbedaan dengan versi sebelumnya.Ia hanya memperbaiki dan mengatasi beberapa masalah yang ditemui pada Windows 3.1, yang pada umumnya berhubungan dengan kemampuan jaringan. Kemudian namanya diubah menjadi Windows for Workgroup 3.11. Dipasarkan bulan November 1992, Windows for Workgroup adalah paket pertama yang ditawarkan dengan dukungan penuh untuk komputer yang terhubungkan dalam suatu jaringan kelompok. Mendukung arus data dengan kecepatan 32-bit untuk mengoptimalkan kemampuan procesor Intel 80386 dan. Kemudahan  seperti mail antara komputer ditambahkan disamping kemampuan multimedia MPEG-2, sehingga kini komputer dapat juga untuk mendengarkan muzik (jika terdapat soundcard pada komputernya) atau menonton VCD (jika terdapat CD-ROM, soundcard, serta jumlah memory video-card dan RAM yang mencukupi).

Tahun  1995

           

 

        Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari.
Walaupun masih ada beberapa masalah (bug) hingga diluncurkan edisi perbaikannya (Windows 95A atau 95B), namun Windows 95 tetap dianggap sebagai sistem operasi yang sangat mudah dioperasikan, termasuk protokol TCP/IP yang terintegrasi, mendukung pemakaian nama panjang 32 karakter. Windows 95 juga tidak memerlukan lagi DOS ketika proses installnya.
          Apa yang uniknya ialah versi ini mempunyai  Windows Explorer dan fungsi fungsi Recycle Bin iaitu berfungsi mencatat dan mengembalikan file-file yang dihapus (mengingatkan kita pada fungsi UNDELETE dari DOS dengan segala keterbatasannya). Kemudahan menulis diganti dengan WordPad dan kemudahan Internet Explorer 3.0
          Walau Microsoft menyatakan program ini dapat dijalankan pada komputer berbasiskan procesor 80386 dengan memory 8 Mb, tetapi pada kenyataannya program akan berjalan lambat. Ia memerlukan komputer dengan procesor minimal 80486 dan memory 16 Mb. Ia akan lebih baik lagi pada procesor Pentium. Pemasangannya memakan masa sekurang-kurangnya  30 minit.
          Versi kedua Windows 95, iaitu Windows 95A dan 95B adalah versi perbaikan dari Windows 95 asal  yang pertama kali dikeluarkan.

Tahun  1998
           
             
            Akhirnya Microsoft melancarkan Windows 98 pada 25 Jun 1998. Versi ini adalah pengembangan dari Windows 95, sekaligus menjawab teka-teki umum  tentang produk terbaru dari Microsoft. Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator. Dengan Internet Explorer 4 dan mendukung sistem Universal System Bus (USB), suatu standard input device terbaru di dunia komputer yang kini banyak dibuat. Memerlukan sekurang-kurangnya komputer dengan procesor Pentium dengan memory 32 Mb. Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium II. Versi keduanya, Windows 98 SE (Second Edition) diluncurkan setahun kemudian dengan beberapa perbaikan..

Tahun  1999
          Windows 98 SE di pasarkan tepatnya pada tanggal 9 Mei 1999, versi ini menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya, dengan banyak koreksi perbaikan yang menjadikan Windows 98 sebagai versi Windows 9x yang paling stabil di antara semua versi Windows 9x lainnya.

Tahun 2000

           
         Microsoft berhasil meluncurkan windows sebagai penerus Windows NT. Pada 17 Februari 2000 lahirlah Windows 2000 yang merupakan perkahwinan dari Windows 98 yang terkenal user friendly dengan Windows NT (Next Technology) yang terkenal dengan kestabilannya itu. Dengan demikian maka kemampuan Windows 2000 dalam jaringan komputer dapat dioptimumkan, terutama dalam pengelolaan fail, set-up dan keamanannya. Menyertakan Internet Explorer 5.0 untuk internet. Terbagi atas 4 model. Untuk pribadi dan operasi pejabat disarankan memakai Windows 2000 Professional, sementara untuk server disarankan memakai Windows 2000 Server atau Windows 2000 Advanced Server atau Windows 2000 Data Center.
Disebabkan  menyertakan teknologi yang diambil dari Windows NT, Microsoft menyatakan Windows 2000 lebih tahan lasak karena menggunakan manajemen memory protection sehingga program menjadi lebih jarang konflik (atau istilah komputernya : hang). Memerlukan komputer dengan procesor Pentium II dengan memory 32 Mb. Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium III dengan memory 64 Mb-128Mb. Pemasangannya memakan masa lebih kurang 1 jam.
          Beberapa bulan kemudian Microsoft meluncurkan windows untuk komputer pribadi dengan penekanan multimedia yang lebih maju (advanced multimedia) disamping kemampuan yang telah dimiliki seperti pada Windows 2000, namun pengurangan pada kemampuan jaringan kelompok atau LAN / WAN. Microsoft mengatakan Windows Millenium diciptakan untuk mengekploitasi kemampuan multimedia pada processor Pentium III dan Pentium-4 dari Intel, serta pesaingnya iaitu prosesor AMD K-7 Athlon serta AMD K-6 Duron dari Advanced Micro Device

Tahun  2001

             
          
          Pada tahun 2001 ini, Microsoft memperkenalkan Windows XP. Walaupun  pada dasarnya Win-Xp tetap merupakan sistem operasi 32-bit, versi Windows-Xp Professional disiapkan untuk beroperasi pada level kecepatan 64-bit untuk processor generasi berikutnya buatan Intel dengan nama-kode Ithanium. Windows-Xp terbit di pasaran pada September 2001 (setahun setelah Win-Me).
            Win-Xp benar-benar merupakan perombakan secara besar-besaran dari beberapa versi Windows sebelumnya. Misalnya, selain folder My Document, kini juga terdapat folder My Music, My Picture, My Music dengan kemampuan pemutar suara dan video yang lebih banyak dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.
            Windows XP tidak boleh dikatakan banyak versi kerana ia datang dengan sistem servis pack. Kini ia ada servis pack 2 dan seperti semua tahu ia ada edisi  "Home", "Profesional","Home Edition", "Media Center Edition", "Tablet PC edition", "Profesional x64 Editon". Kesemua edisi ini mempunyai fungsi tambahan masing-masing. Sebenarnya idea untuk membuat sistem servis pack untuk pengguna rumah ini lahir dari windows NT 4.0 yang diperkenalkan untuk kawalan network. Semakin baru servise pack yang kita pakai, semakin selamat komputer kita. 
Tahun  2003

            Pada tanggal 25 April 2003 Microsoft meluncurkan Windows Server 2003, update penting untuk Windows 2000 Server mencakup banyak fitur keamanan baru, baru "Manage Your Server" wizard yang menyederhanakan mengkonfigurasi mesin untuk peran tertentu, dan perbaikan kinerja. Ini memiliki nomor versi NT 5.2. Beberapa layanan tidak penting untuk lingkungan server dinonaktifkan secara default untuk alasan stabilitas, yang paling mencolok adalah "Windows Audio" dan "Tema" jasa; Pengguna harus mengaktifkan secara manual untuk mendapatkan suara atau "Luna" melihat sebagai per Windows XP. Percepatan hardware untuk menampilkan juga dimatikan secara default, pengguna harus mengaktifkan percepatan tingkat atas diri mereka sendiri jika mereka percaya driver kartu tampilan.

Tahun  2006

           
        Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.
          Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006 untuk pelanggan bisnis, versi konsumen berikut pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista dimaksudkan untuk memiliki keamanan ditingkatkan dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna baru dibatasi disebut User Account Control, mengganti "administrator-by-default" filosofi Windows XP. Satu perbedaan utama antara Vista dan versi sebelumnya dari Windows, Windows 95 dan kemudian, adalah bahwa tombol start asli diganti dengan hanya ikon Windows. Vista juga fitur fitur baru grafis, Windows Aero GUI, aplikasi baru (seperti Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess, Mahjong, dan Tempat Purble), [16] Internet Explorer 7, Windows Media Player 11, dan sejumlah besar arsitektur yang mendasari perubahan. Windows Vista memiliki nomor versi NT6.0.
           
            Windows Vista kapal dalam enam edisi: [17]
    * Starter (hanya tersedia di negara berkembang)
    * Home Basic
    * Home Premium
    * Bisnis
    * Enterprise (hanya tersedia untuk perusahaan besar dan perusahaan)
    * Ultimate (menggabungkan kedua Home Premium dan Enterprise)
         
Semua edisi (kecuali edisi Starter) saat ini tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.
Keuntungan terbesar dari versi 64-bit adalah 4 gigabyte melanggar penghalang memori, yang 32-bit komputer tidak dapat sepenuhnya mengakses.

Tahun 2007

            Pada tahun 2007 terbentuk lah Windows Home Server yang resmi dirilis tanggal 7 Januari 2007. Windows ini didesain khusus untuk digunakan oleh para konsumen dari pengguna rumahan (server) dan juga dapat dikonfigurasikan dan dipantau dengan menggunakan program console yang dapat diinstalasikan pada sebuah PC klien.

Tahun  2008

            Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Pada tahun 2007, Bill Gates mengatakan pada konferensi WinHEC bahwa Windows Server 2008 adalah nama baru dari Windows Server “Longhorn”

            Windows Server 2008 mendukung sistem klien dengan Windows Vista, mirip seperti hubungan antara Windows Server 2003 dan Windows XP. Versi Beta 1 dari sistem server ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 27 Juli 2005, dan versi Beta 3-nya sudah diumumkan pada tanggal 25 April 2007 yang lalu. Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun dari kode yang sama seperti Windows Vista, karenanya Windows Server 2008 memiliki arsitektur dan fungsionalitas yang sama dengannya
Windows Server 2008, dirilis pada 27 Februari 2008, pada awalnya dikenal sebagai Windows Server Codename "Longhorn". Windows Server 2008 dibangun di atas kemajuan teknologi dan keamanan pertama kali diperkenalkan dengan Windows Vista, dan secara signifikan lebih modular dari pendahulunya, Windows Server 2003.

           
Windows Server 2008 dibagi kedalam sepuluh edisi:
    * Windows Server 2008 Standard Edition (32-bit dan 64-bit)
    * Windows Server 2008 Enterprise Edition (32-bit dan 64-bit)
    
* Windows Server 2008 Datacenter Edition (32-bit dan 64-bit)
    *      Windows HPC Server 2008
    * Windows Web Server 2008 (32-bit dan 64-bit)
    
* Windows Storage Server 2008 (32-bit dan 64-bit)
    * Windows Small Business Server 2008 (64-bit saja)
    *         Windows Server 2008 Essential Business (32-bit dan 64-bit)
    
* Windows Server 2008 untuk Sistem berbasis Itanium
    *         Windows Server 2008 Foundation Server

Tahun  2009

     Tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2009dilncurkan lah Windows 7 ( Windows Seven). Versi yang menggantikan Windows Vista ini memiliki keamanan dan banyak fitur baru yang jauh lebih canggih. Windows 7 memiliki fitur keamanan yang lebih baik dari windows generasi sebelumnya. Karena itu juga, cara system menangani file maupun folder juga sedikit berbeda. Terlebih lagi jika berhubungan dengan jaringan, banyak perbedaan dan perubahan pada struktur maupun tingkat keamanan user pada folder jaringan.

Windows 7 pun dibagi dalam enam edisi: [21]
* Starter (tersedia di seluruh dunia dengan PC baru hanya)
   * Home Basic
   * Home Premium
   * Profesional
   * Enterprise (tersedia untuk volume lisensi pelanggan bisnis saja)
   * Ultimate (tersedia untuk pasar ritel dengan ketersediaan terbatas pada OEM)

Tahun 2011
            Pada Tahun 2011 yang sudah kita lalui ini ternyata menjadi tahun munculnya Windows Home Server 2011 yang diberi kode nama 'Vail'. Tepatnya dirilis pada 6 April 2011. Windows Home Server 2011 dibangun di atas basis kode Windows Server 2008 R2. Ini mengikuti rilis Power Windows Home Server Pack 3 yang menambahkan dukungan untuk Windows 7 untuk Windows Home Server. Windows Home Server 2011 adalah dianggap sebagai "rilis mayor". Windows Home Server 2011 dibangun pada Windows Server 2008 R2 basis kode (pendahulunya yang dibangun pada Windows Server 2003) dan hanya mendukung x86-64 perangkat keras .

Tahun  2012
          Pada tahun ini ada isu akan diluncurkannya windows terbaru yaitu Windows 8. Produk generasi terbaru windows yang kabarnya merupakan penyempurnaan dari windows 7. Kita tunggu saja tanggal dirilisnya. Apakah memang jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya

JENIS FILE SISTEM yang DIGUNAKAN WINDOWS
1.      FAT (File Allocation Table)
-          FAT12
         Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 12 bit
         Merupakan file sistem asli dari FAT yang pertama kali digunakan dalam sistem operasi MS-DOS
         Batas kapasitas hingga 32 MB
         Bisa diakses oleh MS-DOS dan semua OS Windows

         - FAT16
         Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 16 bit
         Batas kapasitas hingga 4 GB
         Ukuran unit alokasi yang digunakan oleh FAT16 bergantung pada kapasitas partisi yang hendak diformat
         Bisa diakses oleh MS-DOS (versi 4.x ke atas) dan semua OS Windows
                                           
         - FAT32
         Menggunakan ukuran unit alokasi yang memiliki batas hingga 32 bit
         Batas kapasitas hingga 8 TB
         Diperkenalkan mulai Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2)
         Bisa diakses oleh semua OS Windows kecuali Windows 95 (versi awal), Windows NT 3.x dan Windows NT 4.0
2.      NTFS (New Technology File System)
         Merupakan sebuah file sistem yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT
         Memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga file sistem FAT

KELEBIHAN WINDOWS

         User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
         Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
         Banyak software berbasis Windows
         Dukungan driver yang lebih banyak

KEKURANGAN WINDOWS

         Harga licensi mahal
         Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
         Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
         Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
Sistem yang kurang stabil






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar